LINK-LINK BISNIS DI INTERNET

HOME l ABOUT ME l LINK EXCHANGE l TABLE OF CONTENTS l KUMPULAN LINK TUTORIAL BLOG

Wednesday, August 4, 2010

Tujuan Masesubo Ngeblog

Salam,

Apa kabar sobat blogger semua? Semoga sehat selalu, tetap semangat dalam berkarya dan menjalankan aktifitas hari ini. Dan yang pasti keep on blogging ya hehe...

Okey sobat blogger pada postingan pertama di bulan Agustus ini masesubo ingin sedikit share tentang tujuan masesubo ngeblog. Ceritanya masesubo ingin ikut berpartisipasi neh dalam kontes menulis yang diadakan oleh mas Iwan Kus dalam rangka ultah Blog IwanKus.Com
Siapa tahu masesubo beruntung memenangkan kontes ini. Ngiler dengan hadiahnya qeqeqe...
Tapi kalaupun nggak menang ya nggak masalah. Paling tidak kontes semacam ini menjadi ajang yang baik bagi masesubo untuk belajar menulis dan membangun silaturrahim dengan sobat blogger semua. Tul nggak? Makanya pada kesempatan ini sebelumnya masesubo ingin mengucapkan salam perkenalan dulu deh buat sobat blogger yang kebetulan belum mengenal masesubo, seorang pemula di dunia blogosphere hehehe... Mohon bimbingannya ya. :)

Selanjutnya masesubo langsung saja ingin cerita tujuan masesubo ngeblog. Menetapkan tujuan adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai sesuatu aktifitas. Dengan tujuan yang jelas akan memberikan petunjuk jalan dan arah yang tepat sehingga kita tidak bakalan tersesat dan melenceng dari apa yang ingin kita capai atau hasilkan dari aktifitas tersebut. Dengan kata lain tujuan yang jelas akan membawa kita pada kesuksesan.

Begitu juga dengan aktifitas blogging. Sebelum agan memutuskan untuk terjun kedunia blogging hendaknya tetapkanlah terlebih dahulu apa tujuan agan ngeblog. Kalau tidak ya siap-siap saja agan bakalan terombang-ambing dalam kejamnya dunia blogosphere. Mau???
Wedeuw sudah kayak mas hengky saja ya masesubo ngomongnya. qeqeqe...

Buat yang belum gabung tenang bro jangan takut nyali dulu untuk terjun di dunia blogging, cos yang diatas ntu just kidding. Suer nggak ada kok yang namanya kekejaman di dunia blogosphere. Yang sesungguhnya malah sebaliknya. Menurut masesubo neh dunia blogging itu fun, dinamis dan membuat hidup lebih hidup. Suer tak kewer-kewer, gak berani disamber petir, takut gosong hahaha... Nggak percaya? Silahkan buktikan saja sendiri okey.

Kembali ke pokok permasalahan, yang jelas memang menentukan tujuan ngeblog diawal itu sangat-sangat penting. Itu pointnya. Titik.

Kalau masesubo jujur neh (eits tapi kemarin-kemarin masesubo nggak suka bohong lho ntar dikiranya masesubo pembohong hehehe...) awal mulanya ngeblog karena tertarik untuk belajar bisnis online aka nyari duit di internet gitu. Karena konon katanya gampang sekali nyari rupiah bahkan dollar gratis di internet. Ceritanya masesubo penasaran gitu pengin membuktikan. Bener apa bener gitu.
Mang ada ya orang yang buang-buang duit di internet? qeqeqe...

Petualangan masesubo untuk belajar bisnis onlinepun dimulai dari googling di mesin pencari dengan memasukkan keywords; bisnis online, duit gratis, dollar gratis, dan sejenisnya. Dari sini masesubo banyak mendapat informasi-informasi tentang berbagai macam peluang bisnis online di internet. Sempat tercengang juga seh.

Pertama kali masesubo sempet ngiler dengan tawaran-tawaran bisnis online yang menggiurkan dengan hasil jutaan perhari. Tapi masesubo pikir-pikir kok nggak realistis ya mendapatkan duit semudah itu. Bener nggak seh? Apa diantara sobat blogger sudah ada yang punya pengalaman? Tolong dishare dunk.

Diantara banyak pilihan tersebut akhirnya pilihan masesubo jatuh pada program yang namanya get paid to click atau PTC (Paid To Click) yang cara kerjanya cukup simpel dan hasilnya lebih realistis. Kata para master seh ini bisnis online recehan. Memang bener seh hasilnya recehan dan butuh waktu lama untuk menembus batas minimum payout. Tapi justru dari sinilah masesubo ingin belajar yang namanya kesabaran, keseriusan dan konsistensi. Makanya sampai saat ini masesubo aktif dibeberapa PTC dan bertekad untuk mencapai batas minimum payout walau bekerja sendiri tanpa refferal. Tapi kalau ada yang mau bantuin dengan jadi refferalnya masesubo ya dengan senang hati hehehe... Daftar recommended ptc ada sidebar sebelah kanan atas blog ini. Itu tuh yang berkedip-kedip kuning. :)

O ya dari PTC ini juga masesubo mengenal yang namanya paypal, salah satu rekening bank online yang digunakan untuk transaksi bisnis online di internet. Dalam perjalanannya baru beberapa hari verifikasi dengan VCC langsung kena limited. Kasihan ya masesubo. Tapi yang jelas dari kejadian ini masesubo banyak mengambil hikmah dan pelajarannya. Diantaranya jadi tahu penyebab-penyebab paypal kena limited . Kata Dalai Lama, "When you lost, don't loose the lesson." hehe...

Dalam perjalanan selanjutnya masesubo mulai kenal dengan peluang bisnis online lainnya seperti; affiliate program, kumpul blogger, adsense camp, PTR (Paid To Review), google adsense, dan sejenisnya yang untuk bisa bergabung di bisnis online ini ternyata membutuhkan fasilitas website atau blog. Akhirnya masesubo membangunlah blog gratisan ini. Karena ketertarikan awal pada bisinis online maka pilihan url, judul dan deskripsi blog ini pun ada kata-kata bisnis onlinenya. Tepatnya seperti ini:

http://bisnisonlinemasesu.blogspot.com
Bisnis Online MASESUBO
Mengambil peluang bisnis online di internet

Setelah punya blog ini dengan pedenya masesubo nggak sabar untuk segera mencoba mengkomersilkan blog ini. Pertama mendaftar di kumpulblogger dan adsensecamp. Hasilnya sukses diterima. Langsung deh blog ini penuh dengan iklan qeqeqe... Kemudian mendaftarlah masesubo di google adsense. Mau tau hasilnya? Ya jelas ditolak mentah-mentah tho. Tentunya dengan beberapa point alasan. Intinya seh blognya belum memenuhi syarat. Ya iyalah. Masesubo aja yang nggak tau diri kali ya hehehe... Tapi lagi-lagi masesubo dapat pelajaran berharga dari sini bahwasanya untuk bisa memonitize blog ada syarat-syarat kelayakan blog yang harus dipenuhi. Eh tapi diprogram PTR blogvertise masesubo diapprove lho aplikasinya, tapi masih dalam masa percobaan seh dan sampai sekarang belum dapat job qeqeqe...

Dari pengalaman diatas akhirnya masesubo kemudian memutuskan untuk lebih fokus belajar mengelola blog ini supaya nantinya memenuhi standard untuk bisa diterima di program bisnis online semacam adsense, paid to review dan sejenisnya yang menggunakan fasilitas blog sebagai medianya.

Sebagai konsekuensinya mau tidak mau masesubo harus belajar menulis dan belajar hal-hal teknis pengelolaan blog. Untuk hal-hal teknis seh nggak terlalu masalah bagi masesubo. Dengan kata lain bisa dipelajari dengan lebih mudah. Karena masesubo orangnya rajin membaca dan punya kemauan keras untuk belajar. Hasilnya alhamdulillah selama sebulan ini masesubo sudah mulai familiar dengan istilah-istilah teknis perblogeran. Masesubo sudah bisa otak-atik tampilan blog ini dengan jurus trial and error hehee... Masesubo juga mulai mengenal SEO dan sedikit-sedikit langsung diaplikasikan diblog ini. Sebelumnya belum pernah denger tuh kata-kata SEO. Bagi masesubo yang memulai dari nol ini adalah suatu prestasi yang luar biasa. Hahaha... muji diri sendiri neh ceritanya.

Yang menjadi kendala masesubo justru pada aspek menulis. Dikemudian hari masesubo bingung sendiri mau bikin posting tentang bisnis online. Pasalnya benar-benar semuanya dimulai dari nol alias kagak tahu apa-apa. Jangankan menulis spesifik tentang bisnis online, membikin tulisan bebas saja masesubo masih kesulitan. Aneh ya padahal masesubo ini hobinya membaca lho, tapi kok nggak ada korelasi positif dengan kemampuan menulisnya ya. Padahal sering kalau baca buku itu semalam harus tamat. Tapi habis baca jangan di tanya ya isi bukunya apa. Soalnya sukanya nggak nyantol di otak hehehe...

Ya sudah akhirnya lagi-lagi masesubo mencoba mensiasatinya dengan mengambil keputusan untuk merubah judul dan deskripsi blog ini menjadi yang sekarang, "Ruang Belajar blogging dan Bisnis Online." Tujuannya seh supaya masesubo lebih bebas belajar menulis, tidak terbatas pada tema-tema bisnis online saja gitu. Dengan kata lain supaya judul dan isi blognya tetap sinkron tidak terlalu melenceng. Katanya ini juga berpengaruh pada aspek SEO. Betul nggak ya? Kalau salah ya tolong dikoreksi. Pinginnya seh ngerubah alamat urlnya juga kalau bisa. Sempet kepikir untuk bikin blog lagi khusus untuk belajar menulis. Tapi akhirnya masesubo urungkan niat tersebut dan mencoba untuk menghidupkan blog yang ini dulu saja.

Betewe anyway busway ngomong-ngomong ini masesubo kok jadi malah curhat ngalor ngidul pengalaman ngeblog ya, bukannya tujuan masesubo ngeblog. Maafkan masesubo sobat blogger kalau jadi nggak fokus.

Ya pokoknya inti dari cerita ngalor-ngidul diatas tujuan masesubo ngeblog pinginnya sekali mendayung tiga empat pulau terlampaui hehehe... Maksudnya masesubo ingin terus belajar bisnis online, sambil belajar menulis dan juga belajar aspek teknis blogging. Kedepannya masesubo pingin bisa mendalami dan lebih serius pada 3 hal ini. Mudah-mudahan bisa tetap konsisten untuk terus belajar.

Dan satu hal penting lagi diluar tiga hal diatas, tujuan masesubo ngeblog karena ingin membangun silaturrahim dengan sobat blogger semuanya. Nikmat silaturrahim ini kayaknya yang paling membuat betah. Ketemu dengan bloger-bloger hebat, yang kaya dengan beragam ilmu, yang mampu membangkitkan motivasi, yang baik hati, ramah-tamah, tidak sombong dan rajin menabung pula hahaha.... Intinya bisa menjalin komunikasi, share ilmu dan berbagi pengalaman dengan sobat blogger adalah nikmat yang luar biasa. Take and give gitulah. Ya walaupun untuk saat ini masesubo kapasitasnya mungkin masih lebih banyak take dari pada give. Tapi mudah-mudahan seiring berjalannya waktu masesubo juga lebih bisa memberikan kontribusi di dunia perblogeran ini. amin

Demikianlah share tentang tujuan ngeblog masesubo yang ditulis dengan apa adanya, jujur dan transparan sesuai dengan yang dipersyaratkan. Lebih dari 201 kata malah kayaknya hehehe... Mohon maaf kalau banyak salah-salah kata. Kritik dan saran dari sobat blogger sangat masesubo harapkan. Silahkan tulis di kolom komentar ya. Terimakasih.

Artikel ini ditulis dalam rangka mengikuti Kontes Menulis Blog IwanKus.Com
Buat Mas Iwan Kus selamat milad semoga kedepannya makin sukses.

19 comments:

  1. @haritsmugni: Okey. Makasih mas harits. Sukses juga ya. O ya ikutan kontes menulis juga dunk.

    ReplyDelete
  2. tujuan ngeblog memang sangat beragam mas, kalau saya tujuan awal dan akhirnya beda tetapi pada dasarnya ingin meningkatkan kualitas diri lewat tulisan mas :) nice post :D

    ReplyDelete
  3. link blog nya udah saya pasang mas, silahkan dicek ke tkp :)

    ReplyDelete
  4. @Blog Pengembangan Diri: Sippp mas Arif. O ya terimakasih sudah pasang link saya. :)

    ReplyDelete
  5. tujuan ngeblog biar eksis aja deh..

    ReplyDelete
  6. hehehe... benre memang mirip awal kita ngeblog nih. Namun, endingnya pastinya yang berbeda :D

    Sip dah, sukses ya! Amin!

    ReplyDelete
  7. @info solo: Boleh-boleh saja. Tiap orang bebas menentukan motivasi dan tujuan ngeblognya masing-masing. Sah-sah saja asal nggak melanggar HAM wekekekekek... Salam kenal & terimakasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  8. @Erdien:
    Semoga sama-sama sukses ya mas Erdien. Terimakasih doanya. :)

    ReplyDelete
  9. Tujuan saya ngeblog adalah untuk menuliskan hal2 yang saya alami dalam keseharian saya. Biar terdokumentasi shg apabila suatu saat saya ingin mengetahui kehidupan saya beberapa tahun lalu, maka saya tinggal baca di blog saja. Mungkin saja ada hal2 naif atau lucu yang mungkin bisa jadi bahan pengajaran saya dimasa datang.

    ReplyDelete
  10. Tujuan boleh beda tapi yg penting tetap eksis dlm blogging....

    Oke mas. Sip. Panjang amat..hahaha

    ReplyDelete
  11. @Ifan Jayadi:
    Bagus mas ifan, ntar bisa juga dijadikan buku sejarah kehidupan mas Ifan buat dibaca anak cucu. :)

    ReplyDelete
  12. @Udin Hamd:
    Betul sekaleee sepakat dengan mas Udin Hamd qeqeqe...
    Terimakasih mas sudah berkunjung. Sukses selalu ya. :)

    ReplyDelete
  13. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    ReplyDelete
  14. biasanya kebanyakan orang untuk cari duit ngeblog

    ReplyDelete
  15. biasanya kalau saya dulu buat blog untuk memasang link saya sendiri agar situs saya bagus peringkatnya di google

    ReplyDelete
  16. kebanyakan kalau para blogger untuk cari uang

    ReplyDelete
  17. ada yang biasanya hanya sekedar mencari teman dan hiburan

    ReplyDelete

RELATED POSTS